Sejarah Perkembangan Revolusi Industri

Hasil gambar untuk Sejarah Perkembangan Revolusi Industri

Paradigma sebelum munculnya revolusi industri, bahwa negara yang dianggap super power adalah negara yang memiliki wilayah yang luas. Akibatnya negara berlomba lomba mencari wilayah dan pengaruh ke negara lain. Paradigma tersebut berubah setelah adanya perubahan pola pikir bahwa penguasaan wilayah yang luas tidak menjadikan sebuah negara menjadi negara yang perekonomian maju. Atas dasar pemikiran bahwa negara yang maju adalah ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, maka lahirlah revolusi dibidang industri.


Revolusi Industri 1.0

Perubahan industri tahap ini berlangsung pada tahun 1750 -- 1850, yang ditandai dengan digantikannya tenaga manusia dan hewan oleh kehadiran mesin. Salah satunya yaitu penemuan mesin uap pada abad ke-18. Revolusi Industri ini juga ditandai dengan adanya perubahan secara besar-besaran di bidang manufaktur,  pertanian, pertambangan, teknologi serta transportasi.

Kondisi ekonomi, sosial dan budaya di dunia berubah karena adanya perubahan dalam proses produksi. Revolusi Industri menyebabkan pendapatan per kapita negara-negara di dunia menjadi enam kali lipat, perubahan ini ditorehkan dalam peradaban manusia yang berhasil mendongkrak perekonomian secara dramatis kurang lebih sekitar dua abad.

Revolusi Industri 2.0

Perkembangan industri terus mengalami evolusi, akhir abad ke-19 -- awal abad ke-20 mulai berkembangnya industrialisasi dan ilmu pengetahuan, pembagian kerja, produksi massal, munculnya Ilmuwan modern, seperti Albert Einstein,Thomas Alfa Edison,Niels Bohr,Nikola Tesla, munculnya pembangkit tenaga listrik dan motor pembakaran yang disebut revolusi teknologi,ditemukannya pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, perkembangan ilmu manajemen meningkatkan efisiensi dan efektivitas manufaktur, pembagian kerja yang dapat meningkatkan produktivitas, produksi barang secara masal.

Revolusi 3.0

Berlangsung pada  akhir abad 20, munculnya internet dan teknologi digital,sehingga dikenal sebagai Revolusi Digital yang mengusung sisi kekinian (real time) yang mengubah pola interaksi dan komunikasi masyarakat kontemporer, perubahan Praktik bisnis. Pabrik dan industri tidak menggunakan manusia sebagai operator melainkan mesin canggih yang memiliki kemampuan berproduksi lebih besar,sehingga pengurangan tenaga kerja manusia tidak terelakkan.

Revolusi 4.0

Berlangsung pada awal abad ke-21 manusia telah menemukan pola baru ketika disruptif teknologi  yang telah banyak menelan korban dengan matinya perusahaan-perusahaan raksasa yaitu munculnya Internet of Things, Big Data, Artificial Intelligence, Human Machine Interface, Robotic and Sensor Technology, 3D Printing Technology. Pada era ini besarnya perusahaan tidak menjadi jaminan, namun akselerasi perusahaan yang menjadi kunci keberhasilan meraih kemenangan dalam berkompetisi. Setiap tahap menimbulkan konsekuensi pergerakan yang semakin cepat. Perubahan menjadi sebuah keniscayaan dalam kehidupan manusia.

Perkembangan Ilmu Keperawatan

Pada era ini ilmu keperawatan harus mengadopsi perkembangan teknologi karena penanganan pasien di masa depan juga akan berbeda. Karena itu, penguasaan teknologi menjadi hal yang mutlak diimplementasikan.

Profesi perawat merupakan salah satu profesi yang sangat berpengaruh dalam proses kesembuhan pasien. Dalam melaksanakan tugasnya, perawat berkolaborasi dan berkerjasama dengan tenaga kesehatan lainnya seperti, dokter, dokter gigi, ahli gizi, tenaga kesehatan masyarakat dan apotekker.

Menurut Rozzano, keperawatan di masa depan akan mengarah pada penggunaan robot perawat yang dapat menggantikan beberapa fungsi keperawatan. Hal itu bukan tidak mungkin dilakukan dengan dukungan teknologi. Saat ini, sudah diciptakan robot yang bisa memberikan obat.

Pemanfaatan teknologi dan kecerdasan buatan mengoperasikan berbagai teknologi mulai dari proses produksi dan penyaluran kepada konsumen, pastinya akan memberikan keseempatan baru untuk dapat meningkatkan daya saing industri dengan adanya perubahan selera konsumen dan perubahan gaya hidup. Teknologi lain dibidang farmasi industri yaitu dengan adanya Penggunaan teknologi isolator yang bertujuan untuk memperkecil resiko pencemaran mikroorganisme oleh manusia, hewan dan dari lingkungan dengan signifikan untuk produk yang akan dibuat secara aseptis

Selain itu Perkembangan industri farmasi teknologi nano saat ini sudah tumbuh semakin pesat. Nanoteknologi adalah teknologi yang memungkinkan benda untuk dipecah pada skala nanometer atau satu meter per meter dan merupakan salah satu teknologi yang dilakukan yang mampu meningkatkan pertumbuhan industri dan ekonomi di berbagai bidang.

Di dunia farmasi sendiri, nanoteknologi berperan dalam meningkatkan kualitas keamanan dan produksi.

Nanoteknologi farmasi diharapkan mampu mengatasi masalah yang ada dalam formulasi obat, protein, asam nukleat, dan peptida yang menghasilkan bioavailabilitas yang rendah dan efek klinis. Saat ini perkembangan nanoteknologi bukan hanya di farmasi, melainkan juga di bidang lainnya seperti mengalami perkembangan seperti di bidang kosmetik.dan kecantikan.

Perusahaan pada era ini harus melakukan kolaborasi yaitu dengan bekerja sama dengan perusahaan nasional maupun multinasional untuk mencipatakan lini bisnis baru yang dinamakan Contract Manufacturing Organization (CMO). Dimana kolaborasi terjadi untuk saling berbagi antar kompetensi. Tren bisnis farmasi harus  melakuan co-marketing dengan para kompetitor. Selain mendukung edukasi, perang harga juga bisa ditekan dengan co-marketing ini. Perusahaan bisa bertahan dan tidak gulung tikar jika mengadopsi perkembangan revolusi industri 4.0

Penyedia jasa pendidikan juga harus memikirkan bagaimana menghasilkan anak didik yang memiliki character Critical Thinking, Colaboration, Competition.  maka kurikulum yang ada harus disesuaikan dengan perkembangan industri 4.0 bahkan harus mulai mengikuti tahap perkembangan industri 5.0 seperti yang sedang dikembangkan oleh negara Jepang, bahkan China sudah mulai merambah ke tahapan industri 7.0 

Baca Juga artikel menarik lainnya di JagoanPengetahuan.com
Newest Oldest

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter